Cara Minum Madu yang Benar

cara minum madu yang benar

Cara Minum Madu yang Benar – Madu sudah populer secara turun-temurun mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa riset juga mendukung klaim khasiat madu dalam mengatasi beragam infeksi dan peradangan.

Anda disarankan untuk mengikuti cara minum madu yang benar untuk mengoptimalkan manfaat serta mencegah risiko yang dapat muncul. Madu dapat diperoleh dalam kondisi mentah ataupun telah dipasteurisasi.

Madu mentah merupakan madu yang langsung dikemas ke dalam botol sesudah dipanen. Sementara, madu pasteurisasi adalah madu yang sudah melalui proses pemurnian dari bahan-bahan tambahan lainnya. Kedua jenis madu tersebut bisa dikonsumsi dengan aturan minum madu yang tepat.

Lantas, bagaimana cara minum madu yang benar? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Cara Minum Madu yang Benar

Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, terdapat cara minum madu yang benar yang dapat Anda ikuti. Berikut ini adalah dosis serta pemakaian madu yang disarankan, serta aturan minum madu untuk lansia dan anak-anak.

cara minum madu yang benar

1. Minum Madu sebagai Pengganti Gula

Madu mempunyai kadar fruktosa, monosakarida dan glukosa yang tinggi, di mana di dalamnya terdapat kandungan 70 hingga 80 persen gula. Salah satu cara minum madu yang benar yaitu memanfaatkannya sebagai pengganti gula pasir.

Aturan minum madu sebagai pengganti gula yaitu caranya dengan mengganti 1 takaran gula dengan Ā¾ takaran madu. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu pada minuman ataupun makanan.

Madu mampu membantu menghilangkan efek samping dari gula, yaitu seperti peningkatan risiko diabetes dan darah tinggi, serta penambahan berat badan.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

cara minum madu yang benar

2. Aturan Minum Madu Setiap Hari

Minum madu setiap hari memang sah-sah saja. Walaupun begitu, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi madu secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Untuk memperoleh khasiat madu tanpa efek samping, ada baiknya Anda ikuti aturan minum madu yang benar. Konsumsi madu secukupnya saja, maksimal 3 hingga 4 sendok makan per hari.

Metode minum madu yang benar ini bisa dilakukan tanpa campuran apapun. Tetapi, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pelengkap atau pemanis untuk menggantikan gula dalam beragam minuman atau makanan.

Madu bisa diminum kapan saja, Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari guna meningkatkan energi. Madu juga baik untuk diminum sebelum tidur.

cara minum madu yang benar

3. Bayi Dibawah 1 Tahun Tidak Dianjurkan Minum Madu

Aturan minum madu untuk anak yang sangat penting yaitu madu hanya boleh diberikan untuk anak yang berumur di atas satu tahun. Hal ini karena madu berisiko memiliki kandungan botulinum endospora yang bisa mengakibatkan penyakit botulisme pada bayi.

Penyakit ini adalah jenis keracunan makanan langka yang sangat serius dan bisa mengakibatkan kelumpuhan. Baik madu mentah ataupun madu pasteurisasi mempunyai kemungkinan terkontaminasi spora ini. Oleh sebab itu, ada baiknya anak-anak di bawah 1 tahun jangan diberi madu guna mencegah risiko ini.

Baca Juga: Manfaat Minuman Yakult

4. Aturan Minum Madu untuk Orang Tua

Ketika memasuki usia lanjut, maka makanan yang dikonsumsi harus semakin diperhatikan. Madu adalah salah satu makanan yang dapat memberikan sejumlah manfaat dan aman dikonsumsi lansia.

Salah satunya yaitu mampu memperkuat daya ingat. Sebuah riset yang dilakukan University of Waikato, Selandia Baru pada tikus, membuktikan bahwa tikus yang diberikan madu mempunyai daya ingat yang lebih baik daripada yang tidak diberikan sama sekali.

Madu juga efektif dalam menyembuhkan batuk pada lansia dan bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang untuk mengobati batuk. Tidak terdapat aturan minum madu untuk orang tua yang spesifik.

Anda bisa mengombinasikan madu dengan susu ataupun minuman lainnya untuk menggantikan gula. Madu juga bisa dicampurkan pada makanan lain yang biasa dikonsumsi, seperti sereal atau roti.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein NabatiĀ 

5. Mencampurnya dengan Air Lemon

Cara mengonsumsi madu yang dianjurkan yaitu dengan mengombinasikannya dengan air lemon. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan madu mentah, 1 buah lemon, dan segelas air.

Ambil segelas air hangat, lalu tambahkan madu dan perasan jeruk lemon. Selanjutnya, aduk hingga merata. Minuman kombinasi madu dan lemon yang menyehatkan pun siap untuk dikonsumsi.

Campuran madu dan lemon yang kaya akan vitamin C ini berkhasiat untuk membantu proses detoksifikasi tubuh sekaligus mengontrol berat badan. Tidak hanya itu, minuman ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi jerawat serta meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

6. Mencampurnya dengan Smoothies

Cara minum madu yang benar untuk memperoleh banyak nutrisi sekaligus yaitu dengan mencampurnya sebagai tambahan smoothies. Tidak hanya madu, Anda juga dapat memperoleh beragam nutrisi penting lainnya dari susu serta buah.

Anda hanya perlu mencampurkan satu gelas susu atau yogurt dengan buah apa saja. Kemudian, tambahkan satu sendok madu, lalu blender bahan-bahan tersebut sampai halus. Minuman smoothies ini kaya akan kandungan antioksidan yang mampu menyingkirkan berbagai radikal bebas pada tubuh Anda.

Itulah berbagai cara minum madu yang benar untuk mengoptimalkan manfaatnya. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.